USBN, Ujian Berstandar Nasional Pengganti UN

Posted on
Muhadjir Effendi, Menggagas USBN, Ujian Pengganti UN

PELAJARZ.ID – Program baru tengah dicanangkan oleh kemdikbud Muhadjir Effendy, setelah beberapa waktu menjabat, banyak gebrakan – gebrakan yang dilakukan oleh beliau untuk merombak sistem pendidikan di Indonesia agar kelak sistem tersebut berjalan dengan baik, efisien, tepat dan sesuai kondisi masyarakat di Indonesia itu sendiri.

Jikalau UN selama ini hanya terfokus kepada mata pelajaran tertentu saja, kini beliau canangkan bahwa ujian yang berstandar nasional paling tidak mencakup semua mata pelajaran yang diajarkan. USBN memiliki sistem tersebut, untuk selanjutnya dapat di implementasikan secara nyata. Kabarnya sendiri, kemdikbud sudah mencapai 70 persen langkah berproses untuk mengimplementasikan program USBN sendiri.

 “Standar nasional sekarang belum optimal karena yang diujikan dalam UN hanya beberapa pelajaran. Dengan USBN maka akan dilakukan untuk semua pelajaran,” sebutnya.


Pelaksanaan USBN sendiri menuju ke sistem desentralisasi, artinya keputusan dan kebijakan proses ada pada masing – masing daerah. Namun tetap, rencana tersebut akan di dukung melalui pusat, dengan memberikan soal – soal berstandar yang ada.

Tak sedikit pula yang kontra terhadap rencana yang hendak direalisasikan oleh kemdikbud, termasuk beberapa anggota komisi X DPR RI, menganggap bahwa merealisasikan ujian berstandar nasional untuk semua pelajaran memungkinkan siswa justru lebih merasa terbebani. Maka dari itu, komisi X DPR RI meminta kemdikbud untuk mengkaji ulang programnya.