Pengertian Kelangkaan & Pilihan dalam Kaitannya Permasalahan Ekonomi

Posted on
Kelangkaan BBM Minyak Tanah pada tahun 2005

1.   KELANGKAAN

Di  dalam  kehidupan  masyarakat  yang  masih  primitif,  kebutuhan  mereka  mungkin hanya sebatas pada kebutuhan makanan, minuman, pakaian dan perumahan. Kebutuhan itu dapat terpenuhi jika jumlah sumber daya untuk memenuhi kebutuhan itu jauh melebihi jumlah  kebutuhan  yang  ada
pada  masyarakat  yang  masih  primitif.  Bandingkan  dengan masyarakat modern sekarang ini! Kebutuhan semakin beragam sementara jumlah sumber daya  untuk  mencukupi  kebutuhan  itu makin  terbatas. Buatlah daftar kebutuhanmu sehari-hari! Catatlah macam-macam kebutuhanmu tersebut  menurut  intensitas  (penting  atau  tidaknya),  kemudian  bersama  teman sebangkumu, tetukanlah kebutuhan manakah yang sama dibutuhkan! Kemukakan alasanmu  mengapa  hal  tersebut dapat  terjadi!

Dengan penjelasan tentang kebutuhan manusia yang beraneka ragam dan tidak adanya kebutuhan dari masing-masing manusia yang persis sama, maka dapat kita ketahui bahwa kebutuhan  cenderung bertambah,  sedangkan  komoditas  atau  alat  pemuas  kebutuhan terbatas. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan dan penyebab terjadinya kelangkaan (scarcity). Jadi  yang  dimaksud  dengan kelangkaan (scarcity)  adalah  kondisi  persediaan  sumber  daya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang relatif terbatas sementara kebutuhan manusia tidak  terbatas.
Tahukah  kalian  apa  yang  menyebabkan  benda  pemuas  kebutuhan  itu  langka?
Kelangkaan  benda  pemuas  kebutuhan  itu  terjadi  karena  beberapa  sebab:
a.    Terbatasnya  persediaan  sumber  alam.
b.    Terbatasnya  kemampuan  manusia  untuk  mengolah  alam.
c.    Meningkatnya  kebutuhan  manusia  yang  lebih  cepat  dari  kemampuan  manusia
untuk  menghasilkan  atau  belum  ditemukannya  sumber-sumber  baru. Kelangkaan  barang/sumber daya  itu  dialami  setiap  orang,  setiap  bangsa  dan  oleh setiap  negara.  Meskipun  situasi  dan kondisinya  berbeda-beda,  pokok  masalahnya  sama yaitu  bagaimana  manusia  dapat  memenuhi kebutuhan  yang  banyak  dan  beraneka  ragam dan  terus  bertambah  dihadapkan  dengan ketersediaan  alat  pemuas  kebutuhan  yang terbatas.

2.   PILIHAN

Bagaimanakah  cara  kita  menghadapi  kelangkaan  sumber  daya  tersebut,  sedangkan kebutuhan kita semakin banyak? Barang dan jasa dihasilkan dari perpaduan sumber daya yang  langka  maka  barang  dan  jasa  pun  manjadi  langka.  Barang  dan  jasa  menjadi  langka ketika jumlah barang dan jasa yang diminta melebihi jumlah barang dan jasa yang tersedia. Semua  kebutuhan  manusia    tidak mungkin  dapat  terpenuhi  seluruhnya.  Seorang  yang mempunyai  kebutuhan  akan  mobil  mewah, rumah  megah  serta  kebutuhan  lain,  tidak semua  kebutuhan  itu  dapat  terpenuhi. Dengan pertimbangan bahwa tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi, maka seseorang harus selalu membuat pilihan (choice). Dalam membuat pilihan (choice) akan suatu barang tertentu  maka  kita  akan kehilangan  kesempatan  untuk  memperoleh  barang  yang  lain.

Hidup adalah pilihan
Life is choice

Misalnya  seorang  siswa  yang  membuat  pilihan  pada  sepeda  motor  yang  baru,  maka  ia akan kehilangan kesempatan untuk memperoleh sepatu baru, tas baru, baju baru, komputer baru,  maupun kebutuhan  yang  lain. Masalah kelangkaan bukan merupakan hal yang baru. Hal tersebut beralasan karena kelangkaan merupakan  masalah  yang  mendasar  bagi  setiap  manusia.