Contoh Menyusun Teks Eksplanasi dari sebuah Novel

Posted on

LAPORAN HASIL DISKUSI KELOMPOK “MENYUSUN TEKS EKSPALANASI NOVEL” 

   1.   Identitas Buku ( Novel )
Lembar Isian
Judul Novel                       : Rumah Tanpa Jendela
Nama Pengarang             : Asma Nadia
Nama Penerbit                           : PT. Kompas Media Nusantara
Tahun Terbit                     : 2011
Nama – Nama Tokoh                : Rara                            : Dwi Tasya
                                           : Aldo                             : Emir Mahra
                                           : Simbok                       :Ingrid Widjanarko
                                           : Raga ( Ayah Rara )   : Raffi Ahmad
                                           : Nek Aisyah                 : Atie Cancer
                                           : Bude Asih                            : Yuni Shara
                                           : Pak Syahri                           :Aswin Fabanyo
                                           : Bu Ratna                              : Alici Djohar
                                           : Bu Alya                       : Varrisa Camelia
                                           : Andini                          : Maudy Ayunda
                                           : Adam                          : Ouzan Ruz
                                           : Rio                               : Billy Davidson
                                           : Alfi                     : Ayu Gumay
                                           : Ade                    : Jessica Veranda Tanumihardja
Tempat Kejadian              : Rumah Sakit
                                           : Rumah Aldo
                                           : Rumah Rara ( Perkampungan Menteng Pulo
                                           : Di lahan Persampahan
                                           : Kamar Mandi
                                           : Kuburan
                                           : Rumah Makan Padang
                                           : Mall ( Pesta Andini )
                                           : Trotoar ( disatu ruas jalan pinggiran Jakarta )
Waktu Kejadian                : Pagi hari
                                           : Siang hari
                                           : Sore hari
                                           : Malam hari
Menurut kamu, bagaimana cerita dalam novel yang kamu baca itu!:
     : Novel ini memberikan inspirasi dan pelajaran untuk sikap dan perilaku positif yang harus diterapkan sehari-hari
Sebutkan alasan –alasanmu :
              : Novel ini mengajarkan kita bagaimana cara bersahabat, dan juga bagaimana cara kita berperilaku baik terhadap orang yang ada disekitar kita. Novel ini juga mengajarkan kita bagaimana cara kita menghadapi mimpi – mimpi kita yang sangat ingin kita capai dan dikabulkan, padahal setiap hari kita telas berusaha dan berdoa. Jadi kita harus sabar dan terus berusaha demi mencapai mimpi – mimpi kita dan janganlah bosan – bosannya berdoa. Apabila doa kita tidak langsung dikabulakan mungkin karena masih ada doa yang lebih penting dari doa kita dan mungkin saja Tuhan memiliki jalan terbaik untuk kita
Buatlah ringkasan Novel yang kamu baca tersebut dalam 12 – 15 kalimat :
: Rara adalah gadis kecil berusia 8 tahun, rara sangat ingin punya jendela di rumahnya yang kecil berdinding tripleks bekas di sebuah perkampungan kumuh tempat para pemulung tinggal di Menteng Pulo, Jakarta.
Si Mbok adalah nenek Rara yang sakit-sakitan dan ayahnya bernama Raga yang berjualan ikan hias dan tukang sol sepatu, tidak cukup punya uang untuk membuat atau membeli bahkan hanya selembar daun jendela dan kusennya saja. Rara juga punya Bude, yaitu Bude Asih.
Bersama teman-temannya sesama anak pemulung, sebelum pergi ngamen atau ngojek payung jika hari sedang hujan, Rara menyempatkan untuk sekolah di tempat sederhana yang khusus untuk anak jalanan. Bu Alya satu-satunya pengajar sukarelawan disekolah itu yang membimbing dan membina anak-anak pemulung agar dapat mengenal huruf dan dapat berhitung.
Di tempat lain, di perumahan mewah kota Jakarta, Aldo seorang anak lelaki berusia 11 tahun yang sedikit mengalami keterbelakangan mental, merindukan seorang teman di tengah keluarganya yang sibuk dengan urusannya masing-masing. Ia anak bungsu dari pengusaha sukses, Pak Syahril dan Nyonya Ratna . Kehadiran Nek Aisyah menjadi penghiburan untuk Aldo. Nek Aisyah sangat menyayanginya. Di antara keluarga yang dimiliki aldo hanya nek aisyah yang sangat mengerti aldo. Kaka aldo sempat menolak memiliki adik seperti aldo, hingga sang kakak malu memiliki adik yang mengalami keterbelakangan mental.
Suatu hari, Aldo berkenalan dengan Rara yang saat itu tengah mengojek payung dan terserempet mobil Aldo. Sejak itu mereka menjadi akrab. Sejak pertemuan itu aldo dan rara menjadi sahabat dimana rara sebagai teman terdekat yang dimiliki aldo,karena jarang ada yang berteman dengan aldo karena aldo memiliki kelainan. Kepada rara aldo menceritakan segala apa yang dirasakan aldo mulai dari penghinaan,pengkucilan dan pengasingan yang dirasakan aldo, rara adalah teman yang baik yang dimiliki aldo,rara selalu memberikan semangat pada aldo untuk selalu percaya diri dan tidak bersedih. Rara membuat aldo yakin bahwa apa yang dimiliki aldo sangat berarti dari pada yang dimilki oleh rara. Rara menceritakan pada aldo keinginannya mempunyai rumah dengan jendela yang banyak dan di kelilingi tanamanan. Namun, ayah rara yang berpenghasilan minim dan lingkungan rumah yang tidak memungkinkan rara memiliki rumah indah sesuai impiannya. Rara mengajarkan lewat impiannya bahwa kita harus berani bermimpi dan berharap walaupun di atas kekurangan yang kita miliki. Hingga suatu hari Perkampungan kumuh tempat Rara tinggal terjadi kebakaran, sementara di rumah Aldo semua panik karena karena Aldo meninggalkan rumah, aldo pergi karena kecewa dengan sikap kakaknya yang terang-terangan mengatakan merasa malu memiliki adik seperti dirinya.
Saat itu aldo pergi dan memilih untuk pergi kerumah rara. Namun disana sedang terjadi kebakaran dan aldo sulit menemukan rara. Saat itulah aldo pergi menuju sekolahnya. Disaat itu aldo merasa bahwa dirinya tak berdaya dan sangat menyusahkan orang lain. Pada raralah aldo menceritakan apa yang ia inginkan begitu pula sebaliknya. Saat itu aldo memberikan kesempatan pada rara untuk tinggal dirumah aldo yang ketika itu rara ditinggalkan oleh ayahnya selama-lamanya. Sebelum terjadi kebakaran ayah rara mempersiapkan sebuah jendela untuk rara, namun tuhan berkata lain rara harus kehilangan ayahnya sekaligus rumahnya.
     2.   Menulis Teks Eksplanasi Novel
Rumah Tanpa Jendela : Novel Bernuansa Drama Musikal
                Rumah tanpa jendela merupakan novel remaja berlatar sosial budaya masyarakat pinggiran. Latar belakang tersebut mengenai tentang keniasaan – kebiasaan, perilaku sikap, sopan santun, hubungan kekerabatan dan sifat kemandirian. Novel ini dikarang oleh Asma Nadia yang termasuk salah satu perempuan penulis best seller yang paling produktif di Indonesia. Kisah tentang seorang anak yang bernama Rara tinggal disuatu perkampungan yang ingin mempunyai jendela dirumah tripkleknya. Karangan novel Asma Nadia selain RumahTanpa Jendela yakni, Operasi Milenia, Titian Pelangi, Lomba Mengaji, Pintu Surga Emak ingin Naik Haji, Catatan Hati Bunda dan lain – lain.
                  
                   Rumah Tanpa Jendela termasuk novel yang saat diterbitkan  / dipasarkan sangat popular dan laris yang banyak diminati oleh anak – anak, remaja bahkan orang tua.Novel ini semakin popular ketika diproduksi menjadi film. Novel ini sangat laris / diminati karena mengandung unsure – unsure pendidikan bagi para pembaca dan penonton yang mendidik, karena sekarang film – film banyak yang mengandung unsur negative mengakibatkan para penonton yang melihat mengikuti perbuatan negative tersebut. Unsur – unsure pendidikan itu seperti, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan adat istiadat, dan nilai pendidikan moral. Kisah tentang Rara yang ingin mempunyai jendela sehingga memotivasi untuk menggapai dan meraih cita – cita / impian. Meskipun dalam keadaan kekurangan kita harus tetap ceria  dan menerima keadaan.
                   Jadi kisah tentang novel Rumah Tanpa Jendela mengandung pelajaran pendidikan agar mengajarkan kepada pembaca agar selalu meminta pertolongan kepada Allah melalui shalat dan berdoa. Pendidikan sosial mengajarkan kepada pembaca agar mengutamakan gotong – royong dan kepedulian terhadap sesame. Pendidikan adat ostiadaat mengajarkan kepada pembaca, khusus para orang tua agar tidak memksakan kehendaknya.
Selain itu, pendidikan moral mengajarkan kepada pembaca agar tidak mengutamakan kepentingan dan segala perbuatan kita jangan sampai merugikan orang lain. Itulah novel Rumah Tnpa Jendela banyak dikagumi.
  3.  Menyusun teks Eksplanasi
Pernyataan Umum
Rumah tanpa jendela merupakan novel remaja berlatar sosial budaya masyarakat pinggiran. Latar belakang tersebut mengenai tentang keniasaan – kebiasaan, perilaku sikap, sopan santun, hubungan kekerabatan dan sifat kemandirian. Novel ini dikarang oleh Asma Nadia yang termasuk salah satu perempuan penulis best seller yang paling produktif di Indonesia. Kisah tentang seorang anak yang bernama Rara tinggal disuatu perkampungan yang ingin mempunyai jendela dirumah tripkleknya. Karangan novel Asma Nadia selain RumahTanpa Jendela yakni, Operasi Milenia, Titian Pelangi, Lomba Mengaji, Pintu Surga Emak ingin Naik Haji, Catatan Hati Bunda dan lain – lain.
Deretan Penjelasan/ Eksplanasi
Rumah Tanpa Jendela termasuk novel yang saat diterbitkan  / dipasarkan sangat popular dan laris yang banyak diminati oleh anak – anak, remaja bahkan orang tua.Novel ini semakin popular ketika diproduksi menjadi film. Novel ini sangat laris / diminati karena mengandung unsure – unsur pendidikan bagi para pembaca dan penonton yang mendidik. Karena sekarang film – film banyak yang mengandung unsur negative mengakibatkan para penonton yang melihat mengikuti perbuatan negative tersebut. Unsur – unsure pendidikan itu seperti, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan adat istiadat, dan nilai pendidikan moral. Kisah tentang Rara yang ingin mempunyai jendela sehingga memotivasi untuk menggapai dan meraih cita – cita / impian. Meskipun dalam keadaan kekurangan kita harus tetap ceria  dan menerima keadaan.
Interpretasi
        Jadi kisah tentang novel Rumah Tanpa Jendela mengandung pelajaran pendidikan agar mengajarkan kepada pembaca agar selalu meminta pertolongan kepada Allah melalui shalat dan berdoa. Pendidikan sosial mengajarkan kepada pembaca agar mengutamakan gotong – royong dan kepedulian terhadap sesame. Pendidikan adat ostiadaat mengajarkan kepada pembaca, khusus para orang tua agar tidak memksakan kehendaknya.
Selain itu, pendidikan moral mengajarkan kepada pembaca agar tidak mengutamakan kepentingan dan segala perbuatan kita jangan sampai merugikan orang lain. Itulah novel Rumah Tnpa Jendela banyak dikagumi.
   4.   Menentukan Unsur Kebahasaan
a)   Konjungsi                     :  “Dan”      
ü Latar belakang tersebut mengenai tentang kebiasaan – kebiasaan, perilaku sikap, sopan santun, hubungan kekerabatan dan sifat kemandirian.
ü Unsur – unsur pendidikan itu seperti, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan adat istiadat dan nilai pendidikan moral.
: “selain itu”        
ü Selain itu pendidikan moral mengajarkan kepada pembaca agar tidak mengutamakan kepentingan dan segala perbuatan kita jangan sampai merugikan orang lain.
: “sehingga”
ü Kisah tentang Rara yang ingin mempunyai jendela sehinggamemotivasi untuk menggapai dan meraih cita – cita / impian.
:”karena “
ü Novel ini sangat laris / diminati karena mengandung unsur – unsur pendidikan bagi para pembaca dan penonton yang mendidik.
:”saat“
ü Rumah Tanpa Jendela termasuk novel yang saat diterbitkn / dipasarkan sangat popular dan laris yang banyak diminati oleh anak – anak, remaja bahkan orang tua.
: “tetapi“
ü
b)   Kalimat Devinisi :        
: Rumah Tanpa Jendela merupakan novel remaja berlatar sosial budaya masyarakat pinggiran.
c)   Kalimat Penjelas          :
: Karena sekarang film – film banyak yang mengandung unsur negatif mengakibatkan para penonton yang melihat mengikuti perbuatan negatif tersebut.
    5.   Kesimpulan :
Kita mendapatkan pelajaran / wawasan yang berharga dari isi novel “ Rumah Tanpa Jendela” yakni, sikap sabar , selalu berusaha, selalu bersyukur, menerima keadaan, dan semangat menggapai / meraih cita – cita yang diinginkan. Dan kami lebih mengetahui tentang teks eksplanasi pada novel , struktur teks ( Penyataan Umum, Deretan Penjelasan / Eksplanasi dan Interpretasi) serta Unsur kebahasaannya