Apa itu PMDK ? Berikut Pengertiannya

Posted on
pengertian PMDK, apa itu PMDK ?

Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan atau PMDK memiliki dua jalur yakni :

A. Jalur Minat dan Prestasi Akademik (Kurikuler) 

Siswa yang mempunyai nilai rata-rata raport minimal 7.00 pada semester I sampai dengan semester V. Untuk kelas akselerasi raport semester I sampai dengan semester III. (khusus pilihan Fak. Kedokteran dan Farmasi selain rata-rata diatas, IPA dan Matematika nilai rata-rata raport diatas 7.00)

Adapun jenis perguruan tinggi yang melaksanakan PMDK dalam menjaring calon mahasiswanya antara lain adalah Politeknik Negeri dengan PMDK-PN tiap tahunnya, Universitas Negeri Program Diploma, serta Universitas Swasta.

Tata cara pendaftarannya pun tergolong hampir sama dengan jalur undangan (SNMPTN), yakni berbekal nilai raport yang dilegalisir oleh sekolah dan dilampirkan mulai dari semester 1 sampai semester 5.


B. Jalur Minat dan Bakat (co-Kurikuler) 

Siswa yang berprestasi di bidang olahraga, seni, karya ilmiah, atau keagamaan minimal di tingkat Kota atau Kabupaten yang dibuktikan dengan piagam penghargaan atau sertifikat. Cara seleksi ini tidak semua universitas menyediakan, bahkan hanya beberapa saja yang memberikan jenis seleksi seperti ini, beberapa yang banyak dilaksanakan adalah justru tes keterampilan itu sendiri.

Jalur ini juga sering disebut sebagai Jalur Prestasi.