Sikap Positif Terhadap Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Posted on

Pendidikan Kewarganegaraan. Sikap postif dapat di artikan sikap yang baik dalam menanggapi sesuatu. Contoh Sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila berarti bersikap yang baik dalam menanggapi dan mengamalkan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila, maksudnya dalam setiap tindakan dan perilaku sehari-hari selalu berpedoman atau berpegang teguh pada nilai-nilain Pancasila yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.

1. Karakteristik Ideologi Pancasila

Karakteristik yang dimaksud disini adalah ciri khas yang dimiliki oleh pancasila sebagai ideologi negara, yang membedakannya dengan ideologi-ideologi yang lain. Karakteristik ini berhubungan dengan sikap positif bangsa indonesia yang memiliki pancasila. Adapun Karakteristik tersebut adalah
Pertama, yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Ini berarti pengakuan bangsa indonesia akan eksistensi Tuhan sebagai pencipta dunia dengan segala isinya. Oleh karena itu, sebagai umat  yang bertuhan, adalah dengan sendirinya harus taat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua adalah penghargaan kepada sesama umat manusia  apapun suku bangsa dan bahasanya. Ketiga yaitu bangsa indonesia menjunjung tinggi persatuaan bangsa. Didalam persatuan itulah dapat dibina kerja sama yang harmonis. Keempat adalah bahwa kehidupan kita dalam  kemasyarakataan dan bernegara berdasarkan atas sistem demokrasi Pancasilla. Kelima adalah Keadilan sosial bagi seluru rakyat indonesia. Keadilan dalam kemakmuran adalah cita-cita bangsa kita sejak masa lampau. Sisitem Pemerintahan yang kita anut bertujuan untuk tercapainya masyarakat yang adil dan makmur. Demikian secara pokok karakteristik dari pancasila. Larakteristik yamh satu tidak dapat dipisahkan dari yang lain, karena pancasila itu merupakan kesatuan, kutuhan yang saling berkaitan. Namun demikian, keseluruhan itu bernapaskan pada Ketuhanan Yang Maha Esa, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.Arti Pentingnya Pancasila Dalam Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

 Sebagai ideologi dan dasar negara, pancasila memiliki fungsi sebagai acuan bersama, baik dalam memcahkan perbedaan serta pertentanggan politik di negara golongan dan kekuatan politik yang ada.
Ini berarti bahwa segenap golongan dan kesatuan, yang ada diindonesia ini sepakat untuk menjaga, memelihara, dan mempertahankan negara ksatuan republik indonesia dengan bingkai pancasila.

3.Upaya Mempertahankan Ideologi dan Dasar Negara Pancasila

Kita menggunakan pancasila sebagai dasar atau pondasi berdirinya negara kesatuan republik indonesia ( NKRI ). Dasar negara pancasila dapat memenuhi keingginan semua pihak. Dasar negara Pancasila dapat mempersatukan bangsa indonesia yang terdirii dari banyak suku, agama, danadat istiadat atau kebudayaan. Dasar negara pancasila sangatlah lengkap, berisikan sila sila sesuai keinginan atau kebutuhan bangsa indonesia seperti kebutuhan akan kehidupan yang berketuhanan atau beragam, kemanusiaan, perstuaan, kerakyatan atau demokrasi dan kebutuhan akan keadilan sosial.
Mempertahankan berarti mengusahakan agar sila-sila dalam pancasila dilaksanakan dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara. dengan kata lain, mempertahankanPancasila berarti mengusahakan agar dasar negara republik indonesia tidak diganti dengan dasar bernegara. Pemerintahaan dalam semua tindakanya hendaknya didasarkan atas pancasila. Secara rinci, Pemerintahan Republik Indonesia hendaknya memperhatikan kehidupan beragama, memperhatikan hak-hak setia[ warga negara, menekankan pentingnya persatuan, memperhatikan suara rakyat dan memperhatikan keadilan sosial.
Usaha Kedua adalah dengan jalan melaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat hendaknya senantiasa memperhatikan kehidupan beragama, memperhatikan hak-hak orang lain, mementingkan persatuan, menjunjung tinggi demokrasi, dan memperhatikan keadilan sosial bagi semua anggota masyarakat.
Usaha Ketiga melalui bidang pendidikan. Pendidikan memegang peran penting untuk memper-tahankan Panacsila. Dalam setiap jenjenag pendidikan perlu diajarkan Panacsila. Perlu ditanamkan kepada anak didik pentingnya pancasila sebagai ideologi negara dan dasr negara.

Contoh Perwujudan Perilaku Positif Terhadap Pancasila Dalam Berbagi Lingkungan


1. Kehidupan Pribadi/Keluarga
    a. Percaya dan takwa tehadap Tuhan Yang Maha Esa.
    b. Berusaha mempelajari dan menghayati nilai-nilai Pancsila.
    c. Mengamalkan nilai-nilai Pancasila.
    d. Bertekad selalu mematuhi peraturan keluarga.
    e. Bertekad untuk menghormati semua anggota keluarga.

2. Kehidupan d Lingkungan Sekolah
    a. Menaati tata tertib sekolah.
    b. Belajar dengan baik untuk meraih prestasi.
    c. Menjaga persatuan dan kesatuan di antara sesama warga sekolah.
    d. Menghormati semua warga sekolah.
    e. Menjaga keamanan dan ketertiban sekolah.

3. Kehidupan di Lingkungan Masyarakat
    a. Tidak memaksakan agama kepada orang lain.
    b. Menghormati agama/kepercayaan orang lain.
    c. Mengakui kesamaan derajat, hak dan kewajiban di antara sesama warga masyarakat.
    d. Menjaga persatuan dan kesatuan dianatar sesama warga masyarakat.


Demikian sedikit Ilmu PPKn yang sederhana tentang Sikap Positif Terhadap Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat
Semoga Bermanfaat bagi Pelajar di seluruh Indonesia..


Terima kasih dan BERKEMBANGLAH TERUS PELAJAR INDONESIA ! ^_^