Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

Posted on
Kondisi Fisik Wilayah lndonesia Ilmu Penghetauan Sosial, Lengkap dan selalu di update oleh admin disini :D, Kondisi Fisik Wilayah Indonesia Sebagai Berikut

1. Letak lndonesia


Perhatikan posisi wilayah lndonesia pada peta atau globe. Terlihat bahwa wilayah lndonesia merupakan negara dengan rangkaian pulau-pulau yang terbentang sepanjang Kurang Lebih 5.600 km dari Sabang sampa Merauke. Oleh sebab itulah negara lndonesia disebut negara kepulauan (archipelago )terluas didunia. Jumlah pulau di lndonesia, baik yang besar maupun yangkecil mencapai 1 7.808 pulau. Pulau-pulau tersebut tersebar di wilayah laut yang memiliki luas  3.257.357 km2, sedangkan luas pulau-pulau jika digabungkan mencapai 1 .890.754 km2. Letak wilayah lndonesia di permukaan bumi dibedakan menjadi2 (dua) macam, sebagai berikut.

a. Letak Astronomis

Letak astronomis adalah letak suatu daerah atau wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayalyang melingkari permukaan bumi secara horizontal, sedangkan yang dimaksud garis bujur adalah garis khayal yang membujur dan menghubungkan kutub utara dengan kutub selatan. Secara astronomis, wilayah lndonesia terletak antara 6 Drajat LU – 11Drajat LS dan 95Drajat BT- 141Drajat BT. Wilayah paling utara adalah Pulau Miangas (6o LU) dan yang paling selatan adalah Pulau Rote (1 1o LS). Wilayah paling barat adalah Pulau we (95″ BT) dan yang paling timur adalah Kota Merauke

Letak astronomis ini juga disebut dengan letak absolut, karena tidak akan berubah dan sudah pasti. Biasanya akibat dari letak astronomis ini membawa pengaruh atau memiliki pengaruh terhadap . wilayah tersebut. Berikut beberapa fakta terkait letak astronomis wilayah lndonesia.

1. Wilayah lndonesia terletak di sekitar khatulistiwa.


Dari posisi astronomis tersebut, menunjukkan bahwa wilayah lndonesia terletak di daerah yang dilalui garis khatulistiwa dan secara keseluruhan terletak di daerah lintasan timur serta berada di daerah tropis. Berdasarkan garis lintang, lndonesia yang beriklim tropis memiliki
ciri-ciri sebagai berikut.
a) Memiliki curah hujan tinggi.
b) Memiliki hutan hujan tropis yang luas.
c) Menerima penyinaran matahari sepanjang tahun.
d) Memiliki kelembapan udara yang cukup tinggi.

2l Wilayah lndonesia dibagi dalam tiga daerah waktu.
Dari posisi astronomis tersebut, menunjukkan bahwa wilayah lndonesia terbagi dalam tiga daerah waktu, dengan selisih waktu masing-masing 1 jam. Berdasarkan garis bujur, berikut 3 (tiga) daerah tersebut.

a) Waktu lndonesia Barat (WlB), dengan patokan garis bujur 1O5o BT dengan selisih waktu 7 jam lebih awaldari Greenwich MeanTime(GMT)r meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan
Barat, dan Kalimantan Tengah.

b) Waktu lndonesia Tengah (WITA), dengan patokan garis bujur 120o BT dan sqlisih waktu 8 jam lebih awal dari GMT, meliputi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

c) Waktu lndonesia Timur (WlT), dengan patokan garis bujur 135o BT dan selisih waktu 9 jam lebih awal dari GMT, meliputikepulauan Mlluku, Papua, dan pulau-pulau kecil di
sekitarnya.

b. Letak Geografis

Letak geografis dapat diartikan sebagai letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Akan lebih mudah untuk mengamati letak geografis menggunakan globe. Perhatikan posisi geografis lndonesia, kita akan melihat bahwa bangsa lndonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia. Selain itu, lndonesia juga diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Akibat hal tersebut, letak geografis lndonesia berada pada titik pusat jalur lalu lintas yang ramai, yaitu posisi silang (cross position). Letak posisi silang ini memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan bangsa lndonesia. Adapun pengaruh terbebut sebagai berikut.

1) lndonesia berada di jalur lalu lintas perdagangan dan pelayaran dunia yang menunjang kegiatan peradaban dan menambah sumber devisa /legara.
2) lndonesia memiliki iklim muson yang menimbulkan musim kemarau dan musim penghujan.
3) lndonesia banyak mendapat pengaruh kebudayaan asing, seperti teknologi, seni, bahasa, dan adat istiadat.

2. Hubungan Posisi Geografis dengan Perubahan Musim 


Jika dilihat dari letak astronomis, maka wilayah lndonesia terletak pada daerah tropis. Suatu Negara atau daerah dikatakan beriklim tropis jika terletak di antara 0o LU – 23 , LU dan oo.LS – 23 -l’ LS. Di daerah tropis dicirikan dengan temperatur udara tinggi serta curah hujan dipengaruhi oleh musim’ Daerah tropis hanya memiliki dua musim dan perubahan musim terjadi setiap enam bulan sekali.


a. Peredaran Semu Matahari

Peredaran semu matahari adalah gerakan semu matahari dari khatulistiwa menuju garis lintang utara (23 1/2 Drajat LU), kembali lagi ke khatulistiwa. kemudian ke garis lintang selatan (23 1/2 Drajat LS) dan kembali lagi ke khatulistiwa. Berdasarkan kedudukan posisi matahari tersebut, tanggal 21 Maret Samapi 23 September, posisi kedudukan Matahari berada di belahan bumi utara, Sedangkan tanggal 23 September Samapi 21 Maret berikutnya Posisi kedudukaan matahari berada di belahan bumi selatan, Peredaran semu matahari indonesia datang dari dua arah, yaitu angin muson barat dan angin muson timur.

pergerakan angin di atas permukaan bumi yang memiliki siklus sendiri. Terkait perubahan musim, adanya peredaran semumatahri menimbulkan angin muson atau angin musim, Angin muson di lndonesia pada umumnya dapat dibedakan menjadi angin muson barat dan angin muson timur.

1. ) Angin Muson Barat
Angin muson barat bertiup antara bulan November sampai – April ketika kedudukan matahari berada di belahan bumi selatan. Pada saat itu’ penyinaran matahari di Benua Australia lebih tinggi dari pada penyinaran matahari di Benua Asia Hal ini mengakibatkan udara di atas Benua Australia bertekanan maksimum, sedangkan di atas benua asia bertekanan minimum, sehingga bertiuplah angin dari Asia ke Australia’ Oleh karena angin ini melalui Samudra Hindia yang luas, maka angin tersebut banyak mengandung uap air yang berpotensi huian, Akibatnya, antara bulan November – April di lndonesia terjadi musim hujan.

2. ) Angin Muson Timur nngin muson timur bertiup, antara bulan Mei – Oktober, ketika kedudukan semu matahari berada di belahan bumi utara, Saat itu penyinaran matahari di Benua Asia lebih tinggi dari pada penyinaran di Benua Australia akibatnya, udara di atas Benua Asia bertekanan maximum, sedangkan di atas Benua Australia bertekanan minimum, sehingga bertiuplah angin dari Australia ke Asia,  Angin ini berasal dari gurun yang luas diantara australia kemudian melalui laut yang sempit di antara Australia dan Indonesia Hal ini menyebabkan angin tidak banyak mengandung uap air Akibatnya  antara bulan MeiSampai Oktober di lndonesia terjadi musim kemarau.

Demikian sedikit Ilmu Pengetahuan Sosial yang sederhana tentang Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

Semoga Bermanfaat bagi Pelajar di seluruh Indonesia..
Jangan Lupa Bagikan Artikel ini ke Facebook , Twitter , Google+ dan Sosial Media Lainnya
Terima kasih dan BERKEMBANGLAH TERUS PELAJAR INDONESIA ! ^_^