Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia dan Penyelesaian

Posted on
Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia dan Penyelesaian – Berikuit ini adalah beberapa contoh kasus pelanggaran HAM yang akan dipublikasikan meliputi kasus penyelengaran HAM yang sudah diajukan ke sidang Pengadilan.

Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia dan Penyelesaian


1. Peristiwa Tanjung Priok

Peristiwa ini terjadi pada tahun 1984 dengan jumlah korban sebanyak 74 orang, Peristiwa ini ditandai dengan penyerangan terhadap massa yang berunjuk rasa, dan penyelesaiannya sudah berlangsung di pengadilan HAM ad hoc Jakarta pada tahun 2003 hingga 2004.

2. Penculikan Aktivis 1998

Peristiwa Penculikan Aktivis Pada tahun 1984 hingga 1998 dengan jumlah korban sebanyak 23 orang. Peristiwa ini ditandai dengan penghilangan secara paksa oleh pihak Militer untuk anggota tim mawar.

3. Penembakan Mahasiswa Trisakti

Kasus penembakan Mahasiswa Trisakti terjadi pada tahun 1998 dengan jumlah korban sekitar 31 orang. Peristiwa ini ditandai dengan penembakan Aparat terhadap Mahasiswa yang sedang berunjuk rasa. Penyelesaian kasus ini sudah dilaksanakan di Pengadilan Militer bagi pelaku lapangan.

4. Kerusuhan Timor-Timur Pasca Jajak Pendapat

Peristiwa ini terjadi pada tahun 1999 dengan jumlah korban sebanjak 97 orang. Peristiwa ini di tandai dengan Agresi Militer dan penyelesainya sudah dilakukan di Pengadilan HAM ad hoc Jakarta pada tahun 2002 hinga 2003.

5. Peristiwa Abepura, Papua

Kasus pelangaran HAM ini terjadi pada tahun 2000 dengan jumlah korban sebanyak 63 orang. Peristiwa ini di tandai denganpenyisiran secara membabi buta terhadap pelaku yang di duga meyerang Mapolsek Abepura. Penyelesaian kasus ini sudah di lakukan di Pengadilan HAM di Makasar.

Sekian dari saya, apabila ada kesalahan mohon dibenarkan ^_^