Pengertian Skala dan Cara Menghitung Skala

Posted on

Skala  adalah  perbandingan  jarak  pada  peta  dengan  jarak sebenarnya. Wilayah kabupaten/kota dan provinsi tidak dapat digambar menurut  ukuran  sebenarnya.  Sebab  kertas  untuk  menggambar tidak mencukupi. Wilayah tersebut dapat digambar dengan diperkecil sesuai dengan  ukuran  kertas yang  ada.  Kita  dapat  menggambar seluruh kenampakan alam seperti bentuk aslinya dengan perbandingan atau skala tertentu.

Dengan menggunakan skala sederhana kita dapat melakukan hal-hal sebagai berikut.

1.   Menghitung  Jarak  Sebenarnya  Pada  Peta

Menghitung jarak sebenarnya pada peta dapat dilakukan dengan menggunakan skala angka atau skala garis, seperti contoh di bawah ini:

Contoh skala angka dan skala garis

2.   Menggambar  Peta

Menggambar peta dapat dilakukan dengan cara menggambar peta sama dengan peta asli, memperbesar dari peta asli atau memperkecil dari peta asli.
a. Menggambar peta sama skalanya dengan peta asli
Cara  menggambar  peta  dilakukan  dengan  mencontoh  peta asli yang sudah ada. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.
– Pada peta asli, misalnya Provinsi Jawa Tengah, dibuat garis-garis bantu tegak dan mendatar berjajar masing-masing berjarak 2 centimeter. Garis-garis tersebut membentuk kotak-kotak bujur sangkar.
Berilah kode angka pada garis-garis tadi mulai dari sudut kiri atas ke arah kanan dan ke arah bawah, seperti contoh berikut ini!

Legenda Provinsi Jawa Tengah

– Siapkan  kertas  gambar  yang  akan  kalian  gunakan  untuk menggambar peta. Buatlah garis-garis bantu tegak dan mendatar berjajar,  dengan  pensil  di  atas  kertas  gambar.  Pembuatan dan ukuran jaraknya  sama  seperti  pada  peta  asli  Jawa  Tengah  tadi.
Jangan lupa diberi kode. (Skala 1 : 1)
– Mulailah  menggambar  peta  di  atas  kertas  gambar  dengan mencontoh  peta  asli  Jawa  Tengah yang  telah  dibuat  garis pertolongan  tegak  dan  mendatar  tadi.  Amati  gambar,  garis-garis pertolongan beserta kodenya. Setiap goresan pensil harus sesuai dengan alur garis pada peta asli Jawa Tengah yang dicontoh.
– Lengkapilah  gambar  peta  yang  telah  selesai  kalian  buat  dengan komponen-komponen  peta. Antara  lain  judul  peta,  skala,  simbol, arah mata angin, dan legenda.
Lihat contoh di bawah ini!

langkah langkah menggambar peta

b. Menggambar Peta dengan cara Memperbesar dari Peta Asli
Cara menggambar peta dengan cara memperbesar dari peta asli yang dicontoh, adalah dengan langkah sebagai berikut.
– Peta asli dibuat garis-garis pertolongan tegak dan mendatar berjajar dengan  jarak  1  sentimeter. Garis-garis  pertolongan  membentuk kotak-kotak bujursangkar.
– Membuat  garis-garis  pertolongan  seperti  pada  peta  asli,  dengan jarak  lebih  besar  pada  kertas gambar.  Tergantung  ukuran  kertas gambar dan keinginan kita, misalnya berjarak 2 sentimeter
(skala 1 : 2)
– Garis-garis  pertolongan  pada  peta  asli  dan  pada  kertas  gambar diberi kode angka urut mulai dari 0, 1, 2, 3, dan seterusnya dimulai dari ujung kiri atas ke kanan dan ke bawah.
– Pindahkan  bentuk  peta  asli  ke  kertas  gambar  dengan  cara menggoreskan pensil di kertas gambar sesuai dengan alur garis peta asli.
c. Menggambar Peta dengan cara Memperkecil dari Peta Asli
Cara menggambar peta dengan memperkecil dari peta asli yang dicontoh, yaitu melalui langkah-langkah sebagai berikut:
– Peta asli dibuat garis-garis pertolongan tegak dan mendatar berjajar dengan  jarak  4  sentimeter. Garis-garis  pertolongan  membentuk kotak-kotak bujursangkar.
– Membuat garis-garis pertolongan pada kertas gambar seperti pada peta asli. Jarak antara garis pertolongan dibuat lebih kecil, misalnya 2 sentimeter atau 1 sentimeter tergantung kebutuhan. (Skala 4 : 2 atau skala 4 : 1)
– Garis-garis  pertolongan  pada  peta  asli  dan  pada  kertas  gambar diberi kode angka urut. Mulai dari 0, 1, 2, 3, dan seterusnya. Dimulai dari ujung kiri atas ke kanan dan ke bawah.
– Pindahkan  bentuk  peta  asli  ke  kertas  gambar,  dengan  cara menggoreskan pensil ke kertas gambar sesuai dengan alur garis peta asli.

Pencarian para pelajar:

  • cara menggambar peta indonesia dengan skala
  • skala peta jateng