Kompetensi Dasar : Akikah dan Kurban Menumbuhkan Kepedulian Umat (SMP Kelas IX)

Posted on
Hakikat Akikah dan Berkurban


A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4: Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodi!kasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
B. Kompetensi Dasar
1.4 : Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan penyembelihan hewan.
1.5 : Menunaikan ibadah kurban dan akikah sebagai implementasi dari Q.S. al-Kautsar.
2.6 : Menghargai sikap empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah kurban dan akikah.
3.8 : Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam.
3.9 : Memahami hikmah kurban dan akikah.
4.8 : Memperagakan tata cara penyembelihan hewan.
4.9 : Mempraktikkan pelaksanaan ibadah kurban dan akikah di lingkungan sekitar rumah.
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1. Mendeskripsikan pengertian penyembelihan hewan dengan benar.
2. Menjelaskan syarat-syarat penyembelihan hewan dengan benar.62 Kelas IX SMP/MTs
3. Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan dengan benar.
4. Menjelaskan cara penyembelihan hewan secara mekanik dengan benar.
5. Menjelaskan cara penyembelihan hewan liar dengan benar.
6. Mendeskripkan pengertian akikah dengan benar.
7. Menjelaskan ketentuan hewan akikah dengan benar.
8. Menjelaskan cara pembagian daging akikah dengan benar.
9. Mengambil hikmah pelaksanakan akikah dengan benar.
10. Mendeskripkan pengertian kurban dengan benar.
11. Menjelaskan ketentuan hewan kurban dengan benar.
12. Menjelaskan cara pembagian daging kurban dengan benar.
13. Mendemontrasikan tatacara penyembelihan hewan dengan benar.
14. Mempraktikkan pelaksanaan ibadah kurban dan akikah di lingkungan
sekitar rumah dengan benar.
15. Mengambil hikmah pelaksanakan kurban dengan benar.
16. Menunjukkan contoh perilaku empati, peduli, dan gemar menolong
kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah
kurban dan akikah dengan benar.
17. Berperilaku empati dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
18. Berperilaku peduli dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
19. Berperilaku gemar menolong dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
D. Proses Pembelajaran
1. Persiapan
a. Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca, atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
b. Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan disesuaikan dengan metode yang akan digunakan.
c. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
d. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Pelaksanaan
a. Untuk menguasai kompetensi ini dengan menerapkan pendekatan sainti!k (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan) sesuai karakteristik materi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penerapan pendekatan sainti!k ini, guru dapat mengintegrasikan dan memilih berbagai model/strategi/ metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, sehingga mampu menciptakan suasana pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif,
dan menyenagkan, baik secara individual maupun kelompok. Guru disarankan secara “eksibel menerapkan model discovery learning, active learning, cooperative learning, kontekstual, problem based learning, project based learning sesuai tujuan pembelajaran.
b. Proses pembelajarannya sebagai berikut:
1) Guru meminta peserta didik untuk mengkaji di kolom “
Renungkanlah”.
2) Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil kajiannya.
3) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap
hasil kajian peserta didik.
4) Peserta didik membaca percakapan dan mencermati gambar yang
ada pada kolom “ Dialog Islami”.
5) Peserta didik mengemukaan isi dari percakapan dan hasil
pencermatan pada gambar tersebut.
6) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang
dikemukakan peserta didik.
7) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas siswa 1 “ mencermati dan mengamati gambar yang ada pada kolom ketentuan tata cara penyambelihan hewan serta mendiskusikannya.
8) Peserta didik mengemukaan hasil pengamatan, pencermatan dan diskusinya serta memberikan komentarnya.
9) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang hasil pengamatan, pencermatan dan hasil diskusinya tersebut.
10) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk berdiskusi tentang ketentuan tata cara penyembelihan hewan.
11) Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
12) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas Siswa 2” membaca dan mencermati materi tentang ketentuan dan tata cara penyembelihan hewan, membuat atau menyiapkan benda tiruan binatang yang akan disembelih lengkap dengan bagianbagiannya, terutama bagian-bagian leher binatang. dilanjutkan dengan mendemonstrasikan tata cara penyembelihan hewan di
depan kelas.
13) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
14) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas Siswa 3“ Mencermati materi tentang ketentuan hewan, pembagian64 Kelas IX SMP/MTs daging akikah dan hikmah akikah dilanjutkan mendiskusikan materi tersebut.
15) Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
16) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
17) Peserta didik melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas Siswa 4 “ mencermati materi tentang ketentuan hewan, pembagian daging kurban dan hikmah kurban dilanjutkan mendiskusikan
materi tersebut.
18) Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
19) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
20) Guru membimbing peserta didik membaca kisah teladan ”Sepasang Sepatu Orang Bijak”.
21) Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah tersebut.
22) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
23) Guru meminta peserta didik untuk memberikan tanggapan terhadap pernyataan-pernyataan yang ada pada kolom” Reeksi Akhlak Mulia”.
24) Guru membimbing peserta didik untuk melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas siswa 5”, membaca kisah teladan ”Kisah Unta dan Pemiliknya”, dan mendiskusikannya.
25) Peserta didik menceritakan kembali secara langsung atau disajikan dengan bentuk sosiodrama dan menyampaikan hikmah dari kisah tersebut.
26) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
27) Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.
28) Pada kolom “Ayo Berlatih”,
a) Meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan ganda dan uraian.
b) Meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas yang ada pada poin c.
29) Peserta didik mempelajari materi akikah dan kurban tumbuhkan kepedulian umat dengan bimbingan dan arahan orangtua pada saat di rumah.Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 65
30) Pada setiap akhir pembelajaran guru memberikan nasihat kepada peserta didik agar mengambil hikmah dari materi yang dipelajari dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pencarian para pelajar:

  • hasil wawancara tentang hikmah akikah dan kurban