Contoh Laporan Hasil Kunjungan

Posted on
Hi, semua ! Welcome to My Blog. Sekarang saya ingin menampilkan contoh dari laporan hasil kunjungan ke suatu tempat. Di dalam laporan ini saya mengambil sampel dari kunjungan ke salah satu rumah makan di Kota Bengkulu. Berikut Laporan Hasil Kunjungan ke Rumah Makan Marola. Jangan lupa saran dan kritikannya terima kasih !


Laporan Hasil KunjunganRumah Makan Marola

Pendahuluan


            Pada hari Minggu tanggal 25 Agustus 2013,kami siswa/I VIII.1,SMP N 1 melakukan kunjungan pengamatan ke rumah makan Marola di Jalan Pariwisata Pantai Panjang Berkas,Rumah makan ini adalah salah satu rumah makan yang favorit di Kota Bengkulu.
            Tujuan dari kunjungan itu adalah guna mengetahui latar kesuksesan dari Rumah Makan Marola yang merupakan rumah makan yang terkenal di Kota Bengkulu.Cara pengamatan yang digunakan adalah dengan melakukan kunjungan langsung dan mewawancarai pemilik dari rumah makan tersebut.
            Hal-hal yang yang ditanyakan berhubungan dengan rahasia kesuksesan,latar belakang berdirinya,menu andalan,penghasilan,dan keuntungan yang dihasilkan.Proses mengamati dan mewawancarai dilakukan selama 45 menit.

Isi
      
     Rumah Makan Marola berdiri sejak tahun 2011.Pemilik dari RM ini adalah Efianto Afan.Ia berusia 40 tahun.Pak Efianto menamakan rumah makan ini dengan nama Marola karena dalam bahasa Bengkulu “marola” berartikan “mengajak”.Jadi,dapat disimpulkan bahwa Pak Efianto ingin mengajak masyarakat Bengkulu untuk berkungjung dan menikmati kuliner yang terdapat di RM ini.Tempat ini terletak di tempat rekreasi Bengkulu,yaitu Pantai Panjang.Rumah makan ini memberikan pemandangan yang indah,yaitu langsung menampilkan keindahan pantai panjang.Di RM Marola, terdapat tenaga kerja sebanyak 10 orang.Buka selama 10 jam/hari mulai dari pukul 10.00-20.00 malam.
Mayoritas pengunjung rumah makan marola adalah pegawai negeri,dan juga para pejabat.Tak lupa kalangan anak muda juga sering makan di tempat ini,hanya karena ingin menikmati pemandangan pantai yang terletak di depan RM Marola.Suka dan duka yang dialami Pak Efianto selama menjalankan bisnis ini adalah sukanya ketika para pengunjung sedang ramai,sedangkan dukanya adalah kesulitan dalam mencari bahan baku ketika musim badai.
          
            Dari pengamatan dan wawancara yang dilakukan,terdapat beberapa poin yang penting :
a.     Rahasia Kesuksesan

1)      Melayani kostumer dengan cepat dan maksimal
2)      Bahan baku yang terjamin kualitasnya
3)      Suasana rumah makan yang nyaman dan rileks
4)      Lokasi yang strategis dan terletak di tempat rekreasi kota Bengkulu
5)      Harga makanan yang terjangkau
6)      Kelezatan makanan yang tidak diragukan lagi
b.     Menu Andalan

1)      Ikan bakar kecap
2)      Udang goreng tepung
3)      Kepiting saus tiram
4)      Ikan gebur masak putih
c.     Penghasilan yang didapat kurang lebih Rp.2.000.000/hari.
d.     Latar belakang terbentuk nya Rumah Makan Marola adalah pemilik yang sebelumnya berprofesi sebagai pedagang ikan ingin membuat sebuah usaha yang menetap dikarenakan hasil penjualan ikan yang tidak menentu.

Penutup


      Kesimpulan yang dapat kita ambil dari kunjungan tersebut adalah Rumah Makan Marola adalah salah satu rumah makan yang menjadi favorit bagi masyarakat di Bengkulu.Rumah makan ini juga terletak di lokasi yang strategis,harga yang terjangkau,pelayanan yang cepat dan maksimal,suasana rumah makan yang nyaman,bahan baku yang tejamin,dan kelezatan makanannya.
Dengan mengandalkan menu-menu seafood yang lezat,Rumah Makan Marola dapat memperoleh keuntungan yang besar setiap harinya.Demikian hasil laporan yang telah kami lakukan di RM Marola.Semoga dapat bermanfaat dan memberi inspirasi kepada kita semua.


Demikian sedikit Ilmu Bahasa Indonesia yang sederhana tentang Contoh Laporan Hasil Kunjungan
Semoga Bermanfaat bagi Pelajar di seluruh Indonesia..


Terima kasih dan BERKEMBANGLAH TERUS PELAJAR INDONESIA ! ^_^

Pencarian para pelajar:

  • hasil kunjungan rumah makan
  • laporan hasil kunjungan rumah makan