Materi Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) Lengkap

Posted on
 Iman Kepada Hari Akhir – Pernahkah anda membayangkan terjadinya hari kiamat? Hari kiamat merupakan peristiwa yang amat dahsyat dan mengerikan. Pada hari itu semua lupa akan sahabat saudara bahkan kedua orang tuanya akibat dahsyatnya hari itu. Dikisahkan dalam surah Az-Zalzalah ayat 1-5 gunung-gunung di terbangkan bagaikan kapas, manusia berterbangan bagaikan laron. Walaupu kita tidak mengetahui secara pasti tentang kapan datangnya hari kiamat, namun kita dapat mengetahui dari tanda-tanda besar datangnya hari kiamat. Meyakini dan mempercayai akan datangnya hari kiamat termasuk dalam rukun iman yang berjumlah 6.

materi pendidikan agama islam tentang kiamat


A. Iman Kepada Hari Akhir

1. Pengertian Iman Kepada Hari Akhir

        Secara istilah iman berarti keyakinan atau kepercayaan seseorang yang ditetapkan dalam hati, diucapkan melalui lisan dan di buktikan secara perbuatan. Jadi , Iman kepada hari akhir adalah percaya dengan yakin bahwa seluruh alam semesta dan segala isinya suatu saat akan mengalami kehancuran dan setelah kehidupan di dunia akan ada kehidupan yang kekal abadi. 
Allah berfirman : Semua yang ada di bui akan binasa  (Q.s Ar Rahman:26)
Kepercayaan pada hari akhir termasuk masalah sam’iyyat , yaitu masalah yang hanya kita ketahui dan percaya berdasarkan pemberitaan Al-quran dan hadis semata dan tidak dapat dibuktikan dengan panca indra.
  • Perbuatan di dunia sebagai bekal kehidupan di akhirat
    Manusia diciptakan oleh Allah di dunia tidaklah sekedar untuk hidup sia-sia, tetapi diberi amanat untuk beribadah kepada-NYA. Ibadah sering di katakan sebagai hubungan manusia dengan khaliknya.
  • Perbuatan di dunia akan di pertanggungjawabkan di akhirat
    Setiap orang mempunyai kewajiban yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Sebagai orang islam kita berkewajiban untuk beramal soleh,juga berkewajiban melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Kewajiban itu baru dapat di lakukan dengan baik jika setiap orang mempunyai tanggung jawab, baik kepada dirinya , kepada orang lain, maupun kepada Allah swt.

2. Dalil Naqli Hari akhir

        Banyak ayat ayat Al-Qur’an yang menceritakan tentang peristiwa akan datangnya hari kiamat, dan kejadian-kejadian yang akan di alami oleh manusia setelah hari kiamat. Adapun  firman  Allah yang menyebutkan hari akhir antara lain sebagai berikut.

   a. QS. Az-Zalzalah ayat 1-8
إِذَا زُلْزِلَتِ الأرْضُ زِلْزَالَهَا

وَأَخْرَجَتِ الأرْضُ أَثْقَالَهَا

وَقَالَ الإنْسَانُ مَا لَهَا

يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا

بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا

Tahoma, Helvetica, FreeSans, sans-serif; font-size: 13px; line-height: 18.2000007629395px; margin-left: 0cm; text-align: justify; text-indent: 0cm;”> يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ


فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ


Artinya :
   Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat) , dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya , dan manusia bertanya : ”Mengapa bumi (menjadi begini) , pada hari itu bumi menceritakan beritanya, Karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya, pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya, dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan sebesar zarrah pun ,niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

  b. QS. Al Qaari’ah ayat 1-5
  1.  الْقَارِعَةُ
  2. مَا الْقَارِعَةُ
  3. وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ
  4. يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ
  5. وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ

Artinya:
    1. Hari kiamat
    2. apakah hari kiamat itu?
    3. tau kah kamu apakah hari kiamat itu?
    4. Pada hari itu manusia adalah  seperti anai-anai yang bertebaran
    5. dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang berhambur-hamburan


3. Macam-macam Kiamat

 a. Kiamat sugra
       Kiamat sugra memiliki arti kiamat kecil yaitu kehidupan setiap makhluk ,karena setiap makhluk pastinya akan menemui kematian dan tidak mungkin abadi.

 b. Kiamat Kubra
       Kiamat kuba bisa di sebut kiamat besar. Kiamat besar yang di maksudkan disini adalah berakhirnya seluruh kehidupan mekhluk secara serempak. kematian semua makhluk tersebut bersamaan dengan hancurnya alam semesta.

4. Tanda Tanda Hari Akhir

      Diriwayatkan dari Huzaifah bin Usaid al-Ghifari ra.  berkata : Nabi Muhammad saw, pernah menghampiri kami, sedangkan kami sedang membicarakan masalah tanda-tanda hari kiamat. lalu Rasulullah bertanya : ” Apa yang kalian sedang bicarakan?” para sahabat menjawab :” Kami sedang memikirkan masalah hari kiamat.” Rasulullah bersabda : ”Sesungguhnya hari kiamat itu tidak akan terjadi hingga kalian mendapatkan 10 tanda – tandanya” 
     Kemudian Rasulullah menyebutkan tanda-tanda hari kiamat satu per satu. : ”Datangnya asap, Dajjal , Bintang bintang melata , terbitnya matahari dari barat , turunnya Nabi Isa As bin Maryar , munculnya yakjuj dan makjuj , terjadinya 3 kali gerhana , gerhana di timur , gerhana di barat , dan gerhana di dataran jazirah Arab, dan yang terakhir adalah munculnya api dari Yaman yang meng-giring manusia.”

Peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir

a. Yaumul Barzakh, yaitu batas antara alam dunia dan alam akhirat yang sering disebut alam kubur
b. Yaumul ba’ats , Yaitu hari ketika umat manusia di bangkitkan dari alam kubur setelah malaikat Isrofil meniupkan sangkakalanya yang kedua kali.
c. Yaumul Makhsyar, Yaitu hari dikumpulkan manusia dipadang maksyar setelah di bangkitkan dari alam kubur untuk menunggu panggilan Allah.
d. Yaumul Hisab, Yaitu saat perhitungan amal perbuatan manusia hidup di dunia.
e. YAumul Mizan, yaitu hari pertimbangan amal baik dan amal buruk.


Demikian sedikit Ilmu Agama yang sederhana tentang Materi Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) Lengkap
Semoga Bermanfaat bagi Pelajar di seluruh Indonesia..
Jangan Lupa Bagikan Artikel ini ke Facebook , Twitter , Google+ dan Sosial Media Lainnya
Terima kasih dan BERKEMBANGLAH TERUS PELAJAR INDONESIA ! ^_^

Pencarian para pelajar:

  • materi hari kiamat lengkap
  • iman kepada hari akhir termasuk masalah
  • materi tentang hari akhir lengkap
  • hari akhir atau hari kiamat lengkap
  • iman kepada hari akhir lengkap
  • iman kepadaa hari kiamat
  • materi iman kepada hari akhir lengkap
  • materi lengkap tentang hari akhir
  • pengertian hari akhir