Semangat dan Komitmen Bangsa Indonesia

Posted on
Sebuah bangsa akan tumbuh menjadi bangsa yang besar dan terhormat apabila memiliki nilai – nilai luhur yang dijunjung tinggi. Suatu bangsa akan mampu bertahan di tengah gelombang perubahan dunia dan bahkan memberikan warna bagi kemajuan dunia manakala memiliki identitas yang kuat dan menjadi roh bagi bangsa tersebut dalam mengembangkan eksistensinya.

Semangat dan Komitmen Bangsa Indonesia

     Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan berpotensi menjadi bangsa yang maju. Potensi dan kapasitas bangsa sangat berpeluang menjadikan masyarakat dan bangsa indonesia mengambil peran dalam peradaban bangsa. Hal ini akan terwujud apabila segenap elemen bangsa memiliki tekad dan kesadaran bersama, menyatukan pandangan dan gerak langkah untuk memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan bangsa ini. Semua anak bangsa harus merasa terpanggil untuk memberikan yang terbaik yang dia punya dan melakukan berbagai upaya sesuai kapasitasnya, menyumbangkan sesuatu untuk kemajuan bangsa.

     Kita semua mencintai bangsa ini. Kita juga memiliki harapan agar bangsa ini menjadi bangsa yang modern, maju, mandiri, dan demokratis. Untuk mewujudkannya terdapat tantangan yang banyak, namun kita yakin dengan kesadaran dan kencintaan yang tulus kita dapat mengatasi semua itu. Kita juga yakin dengan hati dan jiwa yang besar kita dapat saling menghargai semua potensi yang ada pada kita, menyingkirkan perbedaan dan bersatu padu menggalang kekuatan agar bangsa ini kembali mampu berlari lebih cepat, bergerak lebihgesit, dan menebar harapan yang lebih luas bagi semua warga bangsanya.
Untuk itulah kita perlu memegang teguh lima komitmen kebangsaan yang telah menjadi modal kuat para pendiri bangsa dalam membangun Indonesia. Kelima komitmen itu adalah :
1. Pancasila, sebagai dasar falsafah dan kepribadian bangsa.
2. UUD 1945, sebagai sumber hukum dan moralitas bangsa.
3. Bhinneka Tunggal Ika, sebagai lambang persatuan bangsa.
4. Bendera Merah Putih, sebagai lambang kebanggaan bangsa.
5. NKRI, sebagai lambang kedaulatan bangsa.

     Kelima komitmen itu merupakan roh yang menjiwai seluruh warga bangsa dalam membangun dan bertingkahlaku. Kita perlu sangat bersyukur dikaruniai alam yang indah, nilai – nilai luhur yang melimpah yang bersumber dari nilai agama, nilai budaya, kearifan lokal maupun pengalaman sejarah yang panjang dan bermakna. Kita juga harus bersyukur diberikan keberagaman yang dapat saling menguatkan, diberikan ketahanan yang mampu memuliakan serta diberikan rasa syukur yang akan menjadikan kita orang – orang yang mampu mensyukuri nikmat.

     Untuk itulah, melalui tulisan ini saya mengajak kepada kita semua untuk saling peduli, mampu berbagi, mau terbuka, dan berani melakukan langkah – langkah kecil dengan penuh cinta untuk kontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai sekarang perlu dibangun kecintaan dan kebanggan terhadap Indonesia. Kita menginginkan semua warga bangsa secara lantang meneriakkan “Aku Bangga Indonesia Tanah Airku“. Dimulai dengan rasa bangga, diharapkan kita menjadi setia dan loyal, selanjutnya kita dapat ikhlas melakukan sesuatu yang bermakna bagi bangsa di bidang tugas kita masing – masing sekecil apapun dimanapun dan dalam bentuk apapun juga. Mungkin apa yang kita berikan hanyalah satu goresan kecil di atas sebuah kanvas kehidupan. Namun, mungkin kita akan menjumpai bahwa goresan kecil itu akan menyumbangkan bagi sebuah lukisan besar Indonesia yang maju. Jika semua orang mau menyumbangkan sebuah goressan kecil diatas kanvas kehidupan bangsa, saya yakin bangsa ini akan maju lebih cepat dan lebih cepat lagi.

     Marilah saya mengajak untuk melakukan sesuatu yang biasa dengan cara yang luar biasa apapun tugas dan pekerjaan kita. Saya juga mengajak, marilah kita melakukan apa yang kita lakukan dengan penuh cinta. Karena sebenarnya orang tidak peduli seberapa tinggi ilmu anda, namun seberapa besar anda PEDULI. Orang juga tidak peduli seberapa besar usaha yang anda lakukan, namun seberapa besar CINTA yang anda sertakan. Mungkin kita tidak dapat menghasilkan karya – karya besar namun kita yakin dapat menghasilkan karya – karya kecil dengan CINTA YANG BESAR.

     Melalui BLOG ini, saya ingin berbagi perasaan, berbagi pengalaman, berbagi beban, dan berbagi harapan. Melalui BLOG ini pula saya ingin kita dapat membangun sikap yang peduli, cepat dan tepat tanggap, memberi yang diperlukan dan mengisi yang dibutuhkan. Kita perlu memperbaiki diri kita sebelum kita akan mengajak orang lain membangun bangsa ini. Kita perlu meningkatkan karakter kita agar dapat dicontoh oleh orang lain. Kita perlu memberikan pujian dan penghargaan pada orang disekitar kita dan meninggalkan cara – cara yang merendahkan, karena kita tidak dapat mengubah orang lain dengan cara merendahkan harga diri dan martabat mereka. Kita ingin bersatu membangun bangsa, saling menguatkan, sepenuh kepercayaan, bergandengan tangan dengan rasa penghormatan. Caci maki, menyalahkan pihak lain dan mengeluh atas kondisi yang ada perlu sedikit demi sedikit kita tinggalkan. Marilah sejak sekarang kita mulai berhenti berkata “Bagaimana ini?”, “Mengapa ini bisa terjadi?”, namun mulailah melihat kondisi lalu lakukan apa yang engkau bisa untuk mengatasi kondisi itu.

     Kita perlu memperbaiki diri kita terlebih dahulu sebelum kita mengajak orang lain memperbaiki bangsa ini. Kita perlu memperkaya karakter kita dengan cara memasukkan fitur – fitur kepribadian yang baik dan menghilangkan fitur – fitur kepribadian di dalam diri kita yang tidak baik. Kita ingin setiap saat pribadi kita tumbuh menjadi pribadi yang santun, berakhlak mulia, dan menyejukkan bagi semua orang. Kita ingin menjadi pribadi yang dapat memberi kenyamanan dan kehadiran kita menjadi penyejuk bagi lingkungan dimana kita tinggal. Dengan cara itulah pribadi kita akan terus berkembang dan kita dapat memperkenalkan versi baru kepribadian kita melalui proses yang bermakna dan berkelanjutan.

     Melalui BLOG ini saya ingin bergandengan tangan, menatap wajah – wajah optimis penuh harapan, saling memandang dengan penuh kepercayaan dan tersenyum bahwa didepan kita masa depan gilang gemilang. Mari kita melangkah maju. Jika kini Indonesia yang kita cintai belum seperti yang kita harapkan itu adalah pekerjaan besar, namun kita yakin dengan semangat yang kuat dan jiwa yang merdeka kita akan mampu menggapainya, sebuah negara yang dicita citakan para pendiri bangsa kita. Kita menaruh hormat kepada mereka dan doa yang tulus dipanjatkan atas ketulusan dan perjuangan mereka. Kini saatnya sebagai anak bangsa kita berubah dan bertindak, dan perubahan itu harus diawali dari DIRI KITA SENDIRI, DARI HAL YANG PALING KECIL YANG KITA BISA LAKUKAN DAN MULAI SAAT INI JUGA.

Demikian sedikit Ilmu PPKn yang sederhana tentang Semangat dan Komitmen Bangsa Indonesia
Semoga Bermanfaat bagi Pelajar di seluruh Indonesia..
Terima kasih dan BERKEMBANGLAH TERUS PELAJAR INDONESIA ! ^_^

Pencarian para pelajar:

  • komitmen pelajar